8 Tips Pilih Dokter Gigi Anak yang Tepat Buat Si Kecil

Sebagai orang tua tentu anda pernah mengalami bimbang saat akan memilih dokter gigi anak yang tepat buat si Kecil. Tentu saja, dokter gigi khusus anak punya pengalaman yang lebih mendalam menangani rongga mulut dan juga perilaku si kecil saat diperiksa. Bingung memilih dokter gigi yang tepat buat bos kecil? Ini dia beberapa tips yang bisa Bunda coba sebelum berkunjung ke lokasi.   

1. Gali Informasi Dari Sesama Orang Tua

Mendapat rekomendasi dokter gigi anak dari sesama orang tua tentunya lebih membuat hati tenang. Selain itu, biasanya ada informasi tambahan yang akan anda peroleh tanpa diduga. Setiap orang tua anak tentu punya rekomensasi dokter yang berbeda-beda. Setidaknya, anda jadi punya gambaran bagaimana cara kerja si dokter ketika bekerja. 

2. Sebaiknya Pilih Dokter Gigi Bersertifikat

Sebelum bisa bekerja atau membuka praktik, seorang dokter gigi anak harus belajar terlebih dahulu secara mendalam. Mereka yang bekerja di bidang ini adalah orang-orang lulusan sarjana Kedokteran Gigi Anak. Selain itu, dokter gigi yang bagus juga punya sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan oleh PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia). 

3. Pilih Dokter Gigi Anak yang Sudah Berpengalaman

Ada baiknya untuk memilih dokter gigi anak yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Semakin lama dokter gigi anak berpraktik, semakin bagus pula pengalamannya. 

Pertimbangkan untuk memilih dokter gigi anak yang sudah terbiasa menangani perilaku si kecil. Pasalnya, tidak semua anak kecil nyaman dengan tindakan seorang dokter. Nah, saat si kecil merasa tidak nyaman, tentu saja proses tindakan tidak akan berjalan dengan lancar. 

4. Pastikan Membaca Review Terlebih Dahulu

Buat anda yang ingin mencari dokter gigi anak secara online, pertimbangkan untuk membaca review terlebih dahulu. Ketika Bunda atau Ayah mencari di Google Maps, scroll dulu ke bawah untuk membaca reviewnya. Data-data review yang sudah dituliskan oleh pelanggan sebelumnya bisa dijadikan acuan kualitas seorang dokter gigi anak. 

5. Kunjungi Tempat Praktik Secara Langsung

Salah satu pertimbangan saat memlih dokter gigi anak adalah tempat praktiknya. Usahakan memilih lokasi terdekat dari rumah. Ini dimaksudkan supaya si kecil lebih tenang karena jarak yang dekat sehingga tindakan bisa segera dilakukan. Selain itu, menemui tempat parktik secara langsung memudahkan anda melihat bagaimana dokter gigi anak bekerja. 

6. Hindari Memilih Lokasi Tempat Praktik yang Terlalu Ramai

Bila anda memiliki lebih dari satu rekomendasi dokter gigi anak, pertimbangkan memilih dokter yang tempat praktiknya tidak terlalu ramai. Tentu saja, akan sangat lama menunggu giliran dipanggil karena ramainya antrian. Namun, bila dokter gigi tersebut melakukan proses tindakan dengan cepat, maka tak mengapa untuk mendatanginya. 

7. Pilih Dokter Gigi yang Ramah Anak

Memilih dokter gigi anak tak hanya mengutamakan faktor skill, namun juga bagaimana sikapnya selama menangani pasien anak. Dokter gigi anak haruslah sabar, serta telaten menghadapi keluhan si kecil. Selain itu, dokter gigi anak yang bisa akrab dengan anak tentu jadi nilai plus tersendiri. Anak yang bisa nyaman dengan seorang dokter akan lebih mudah diajak kunjungan ulang. 

8. Harga

Nah, jangan lupa mempertimbangkan kesesuaian budget dengan harga layanan dokter anak. Murah bukan berarti buruk, Mahal tidak berarti bagus. Tetap lakukan survey untuk mengetahui benar-benar kualitas seorang dokter gigi anak. Manfaatkan pula promo yang tersedia untuk menghemat anggaran perawatan gigi si kecil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *