Mengapa Vitamin C Milna Biskuit Sangat Penting?

Kebutuhan vitamin C harian bayi akan tergantung pada usia, tahap kehidupan, dan jenis kelamin. Pada umumnya, bayi usia 6 hingga 12 bulan membutuhkan asupan vitamin C sebesar 50 mg per hari. Dalam bentuk yang paling alami, vitamin C umumnya ditemukan di buah (terutama buah jenis sitrus) dan sayur-sayuran. Makanan nabati khususnya tinggi kandungan vitamin C, seperti pepaya, brokoli, nanas, jeruk, dan kiwi. Bayi bisa mendapatkan vitamin C dari ASI, formula, ataupun MPASI yang mengadung vitamin C seperti Milna biskuit

Dalam beberapa kasus, suplemen dibolehkan

Selain dari ASI, formula, dan MPASI seperti Milna biskuit, sumber lain vitamin C untuk bayi adalah suplemen. Namun, pada umumnya, sangat tidak dianjurkan untuk bayi yang sehat mendapatkan suplemen vitamin C. Hal ini karena risiko terjadinya konsumsi berlebih vitamin C, yang dapat mengakibatkan gejala seperti batu ginjal, diare, dan mual. Namun, apabila suplemen vitamin C dibutuhkan karena suatu alasan tertentu, dosis tersebut harus ditentukan oleh penyedia layanan kesehatan bayi. Jika Anda mencurigai bahwa bayi Anda tidak mendapatkan cukup vitamin C, konsumsi suplemen diperlukan dan diperbolehkan. 

Defisiensi vitamin C sangat langka dijumpai terjadi di negara maju, namun bayi dengan gangguan perkembangan saraf, disfungsi pencernaan, atau kanker memiliki risiko yang lebih tinggi dalam menderita kondisi tersebut. Defisiensi vitamin C parah merupakan akar dari kondisi medis serius yang dikenal dengan sebutan scurvy. Gejala dari kondisi ini di antaranya adalah gusi yang berdarah, lebam, kelelahan, hilangnya nafsu makan, dan mudah rewel. Jika scurvy tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kematian. Anda tidak boleh mendiagnosa bayi dengan defisiensi vitamin seorang diri. Pastika untuk selalu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan profesional sebelum menambahkan suplemen ke dalam diet anak. Dokter dapat menentukan dosis yang paling tepat dan paling aman. 

Fokus menambahkan makanan yang mengandung vitamin C

Akademi Ilmu Kesehatan Anak Amerika mulai memperkenalkan makanan padat seperti Milna biskuit saat anak berusia 6 bulan. Ini adalah waktu yang sangat tepat untuk menyediakan makanan yang kaya kandungan vitamin C untuk membantu bayi terus dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkannya agar dapat terus berkembang. Pada usia 6 bulan, kebanyakan bayi akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C hariannya lewat kombinasi antara makanan dan formula atau ASI. Contoh sumber vitamin C yang baik untuk anak di antaranya adalah buah stroberi, kiwi, jeruk, brokoli masak, dan pepaya. Penting untuk diingat bahwa setiap anak berbeda, tidak semua dari mereka akan terbuka untuk mencoba makanan baru. Pastikan Anda bersabar saat mereka mencoba rasa dan tekstur baru dari makanan padat yang disediakan. Saat ini, Anda bisa meyakinkan diri Anda bahwa si kecil sudah mendapatkan cukup banyak vitamin C dari formula atau ASI. 

Salah satu bagian paling penting dalam perawatan bayi adalah memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup. Vitamin C adalah nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh, produksi kolagen, dan perlindungan dari kerusakan akibat radikal bebas. ASI, formula bayi, MPASI seperti Milna biskuit, dan buah seperti stroberi dan pepaya merupakan sumber vitamin C yang baik untuk anak. Penting untuk diketahui bahwa suplemen vitamin C tidak cocok untuk bayi kecuali direkomendasikan oleh dokter anak. Apabila Anda khawatir bayi tidak mendapatkan cukup vitamin C, konsultasi dengan petugas medis sebelum menambahkan suplemen apapun ke dalam rutinitas Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *