Panduan Memilih Produk Madu Clover Honey Terbaik

Sedang naik daun, madu clover honey kerap hilir mudik di layar gawai kita. Entah teman atau selebgram, ada saja yang menjajakan madu clover honey melalui fitur instastories atau bahkan unggahan di feed. Dengan beragam promo atau embel-embel promosi lain, terkadang kita tertarik dengan produk yang dijajakan tersebut.

Eits, tunggu dulu. Jangan asal beli madu clover honey, ya. Tak menutup kemungkinan ada produk-produk yang dari segi kualitas tak sementereng iklan atau promosinya. Artinya, kita harus jeli ketika hendak membeli madu clover honey. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan?

Setidak-tidaknya, ada tiga hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih produk madu clover honey, yakni:

  • Manfaat yang diklaim produk

Tak menampik jika setiap langkah yang kita ambil di hidup ini, harus menghitung untung dan ruginya, termasuk pada hal-hal mendasar seperti pemilihan makanan. Ketika ingin membeli madu clover honey, satu yang membuat kita terpincut adalah klaim manfaatnya ’kan?

Nah, kalau sudah begitu, kamu perlu menginventarisir kebutuhanmu. Kalau sudah, pilihlah sebuah produk madu clover honey yang dapat mengakomodir kebutuhan tadi. Semisal kamu ingin mendapat manfaat dari sisi kecantikan dan kesehatan kulit, carilah produk yang punya klaim manfaat, katakanlah, sebagai antiaging, dan sebagainya.

  • Nutrisi atau kandungan di dalamnya

Madu clover honey digadang-gadang punya kandungan atau nutrisi yang lebih lengkap daripada madu biasanya. Umumnya, madu clover honey dijual murni, tetapi belakangan banyak juga produk yang dijual dengan nutrien tambahan.

Nutrien yang populer dijadikan tambahan dalam produk madu clover honey adalah royal jelly, propolis, atau bahkan bee pollen. Sebagai konsumen, kembali lagi, kamu harus tahu apa kebutuhanmu. Perhatikan nutrien tambahan ini sebab ia memengaruhi manfaat produk secara keseluruhan.

  • Kadar air

Kandungan air di dalam madu kerap jadi indikator kualitas. Tak cuma di madu clover honey saja, tetapi juga di produk-produk madu biasanya. Nah, dikatakan banyak sumber bahwa salah satu perbedaan mendasar madu clover honey dengan jenis lainnya ada di kadar airnya. Dikatakan kadar air madu clover honey tak lebih dari 20 persen.

Memang, sih, untuk memastikan poin ini cukup sulit. Sebab idealnya, dibutuhkan alat tertentu untuk dapat menentukan kadar air madu secara akurat. Namun, tipis-tipis kamu bisa lho, melakukannya. Memanfaatkan berbagai indera, kadar air madu bisa kita nilai.

Dari segi penglihatan, tentunya tekstur madu yang memiliki kadar air tinggi dan rendah bisa terlihat. Dari segi peraba, jelas sekali dirasakan perbedaan tekstur tersebut. Dan sebagainya. 

Intinya, poin ini penting sebab kelembapan adalah satu dari sekian banyak parameter kualitas madu yang paling penting. Jumlah air yang ada dalam madu menentukan stabilitas saat fermentasi dan granulasi. Madu yang punya kadar air tinggi tentu gampang terfermentasi seiring waktu.

  • Warna madu

Umumnya, madu clover honey punya warna yang jauh lebih terang jika dibandingkan dengan madu jenis lainnya. Ini terjadi karena ia terbentuk hanya dari satu jenis tanaman, yakni clover honey atau di Indonesia, mungkin lebih dikenal sebagai tanaman semanggi.

Kendati demikian, masing-masing produk madu clover honey pun punya perbedaan warna yang cukup signifikan. Perlu diketahui bahwa perbedaan warna yang ada tidak serta merta membedakan kualitas suatu madu, tetapi mengindikasikan kandungan mineralnya saja. Semakin gelap madu, semakin tinggi mineralnya dan sebaliknya.

Oke. Setelah membaca artikel ini, seharusnya kamu punya sedikit bekal untuk bisa mendapatkan sebuah produk madu clover honey terbaik. Jangan sampai merasa tertipu atau kecewa lantaran salah membeli produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *