Rekomendasi Susu untuk Pertumbuhan Gigi Anak

Menunggu gigi anak tumbuh menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh orangtua. Biasanya gigi anak akan mulai tumbuh di usia 6 bulan. Namun, ada pula yang baru tumbuh di usia 7 bulan atau lebih. Jadi, orangtua tidak perlu khawatir jika gigi anaknya belum tumbuh di usia 6 bulan karena pertumbuhan gigi setiap anak berbeda-beda. 

Selain usia tumbuhnya yang berbeda, urutan tumbuh dan jumlah gigi anak  juga berbeda dari orang dewasa. Umumnya orang dewasa memiliki 32 gigi permanen sementara anak hanya memiliki 20 gigi susu. 

Nah, agar orangtua tidak khawatir dengan pertumbuhan gigi anaknya, sebaiknya orangtua mengetahui tahapan pertumbuhan gigi pada anak. Berikut ulasan selengkapnya.

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Gigi susu pada anak biasanya akan tumbuh per-pasang. Namun sebelum membahas urutan tumbuh gigi anak, kenali dulu jenis-jenis gigi yang akan tumbuh pada anak berikut ini.

  • Gigi seri, yaitu gigi yang memiliki fungsi untuk menggigit makanan. Gigi ini terletak pada bagian depan baik di rahang atas maupun bawah.
  • Gigi taring, yaitu gigi yang berbentuk lancip dan berfungsi untuk menyobek makanan. Gigi ini terletak di sebelah gigi seri.
  • Gigi geraham depan, yaitu gigi yang berfungsi untuk menghancurkan dan mengunyah makanan.
  • Gigi geraham belakang, yaitu gigi yang juga berfungsi untuk menghancurkan dan mengunyah makanan menjadi lebih halus. 

Itulah jenis-jenis gigi yang akan tumbuh pada anak. Adapun fase pertumbuhan gigi anak adalah sebagai berikut.

  • 6 – 10 bulan 

Gigi seri adalah gigi pertama yang akan tumbuh pada bagian rahang bawah di usia ini.

  • 9 – 16 bulan

Gigi seri kedua pada bagian rahang atas mulai tumbuh.

  • 13 – 19 bulan

Pada usia ini gigi geraham pertama akan tumbuh.

  • 17 – 23 bulan

Gigi taring mulai tumbuh. Fase ini menandakan kalau anak sudah bisa mengoyak makanan sendiri.

  • 23 – 33 bulan

Ini merupakan fase terakhir pertumbuhan gigi susu pada anak. Pada fase ini gigi geraham kedua akan tumbuh di rahang atas dan bawah. 

Rekomendasi Susu Untuk Pertumbuhan Gigi Anak

Kalsium adalah salah satu mineral penting yang harus terpenuhi pada anak terutama saat dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, seperti masa pertumbuhan gigi ini.

Nah, salah satu cara memenuhi kebutuhan kalsium pada anak adalah dengan minum susu. Sudah sejak lama susu dikenal sebagai minuman dengan kandungan kalsium yang tinggi. Berikut rekomendasi susu untuk pertumbuhan gigi anak.

1. S-26 Procal Gold

Susu S-26 Procal Gold dirancang untuk anak usia 1 – 3 tahun. Susu ini mengandung

omega 3, omega 6, DHA, Kolin, dan Zat besi yang baik untuk mendukung proses berpikir anak. Selain itu, kandungan kalsium, vitamin D, dan fosfornya bagus untuk mendukung pertumbuhan serta menjaga kepadatan tulang dan gigi anak.

2. Dancow Advanced Excelnutri+ 1+

Susu ini mengandung vitamin A, C, E; selenium, zinc, minyak ikan, omega 3, omega 6, dan Lactobacillus rhamnosus  untuk melengkapi asupan gizi dan mendukung pertumbuhan anak. Kandungan serat pangan inulin, vitamin A, C, E; selenium, dan bakteri baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna pada anak. Susu ini tersedia dalam beberapa varian rasa seperti vanila, coklat, dan madu. 

3. Nestle NAN Kid pH Pro 3

Susu yang diformulasikan untuk anak usia 1-3 tahun ini mengandung protein whey terhidrolisis parsial berkualitas tinggi sehingga mudah dicerna dan dapat membantu pembentukan otot anak. Kandungan kalsiumnya berperan dalam pembentukan serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi anak. Tidak hanya itu, susu ini juga mengandung asam lemak esensial LA dan ALA, 12 vitamin dan 9 mineral, serta probiotik Bifidobacterium lactis untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan pada anak. 

Itulah rekomendasi susu formula yang baik untuk masa pertumbuhan tulang dan gigi anak. Manakah yang menjadi favorit anak Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *