Resep Rujak Buah dan Rujak Lain ala Nusantara

Nusantara kaya akan makanan. Khusus untuk makanan segar yang tidak perlu ribet untuk diproses masak, ada rujak yang bakal membuat Anda ketagihan. Selama ini Anda mungkin sudah sangat familiar dengan resep rujak buah dengan rasa yang menyegarkan. Namun, tahukah Anda bahwa banyak lagi jenis rujak lain khas Nusantara yang sayang jika dilewatkan. 

Resep rujak buah yang legit bisa dibuat dengan mudah di rumah

Rata-rata bahan untuk membuat resep rujak buah atau rujak lainnya tidak jauh berbeda. Kebanyakan rujak selalu dilengkapi dengan taburan buah, walaupun memang ada tambahan lain yang menjadi ciri khas di tiap daerah. 

Penasaran rujak apa saja yang identik dengan daerah-daerah di Indonesia? Berikut ini adalah beberapa contoh rujak ala Nusantara yang harus Anda coba setidaknya sekali seumur hidup. 

Rujak Buah 

Ini dia jenis rujak yang paling terkenal dan bisa dengan mudah ditemukan di mana saja. Resep rujak buah tidak sulit, Anda hanya memerlukan irisan tebal untuk beragam jenis buat yang kemudian ditambah dengan sambal kacang dengan rasa pedas manis sebagai cocolannya. Buah-buahan yang biasanya ada dalam resep rujak buah, antara lain nanas, mangga muda, jambu air, kedondong, dan bengkuang. 

Rujak Bebeg 

Bahan buah untuk rujak bebeg tidak jauh berbeda dengan resek rujak buah. Namun, ada tambahan buah lain yang identik dengan rujak ala Cirebon ini, yaitu ubi. Berbeda dengan rujak buah yang menggunakan irisan buah, rujak bebeg melumatkan atau menumbuk semua buah yang menjadi bahannya. Sambal untuk jenis rujak ini pun langsung digabung ketika proses penumbukan buah sehingga rasanya benar-benar bercampur. Bumbu untuk sambal rujak bebeg cukup sederhana, yaitu cabai, garam, gula merah, terasa, dan asam jawa. 

Rujak Juhi 

Ini dia rujak ala Betawi. Rujak ini biasanya berisi irisan timun, kol, kentang, dan taburan mie kuning. Namun, ciri khas lain rujak juhi yang tidak boleh terlewat adalah adanya potongan kepiting bakar di atas isian lain. Baru setelah itu, isian tersebut disiram dengan bumbu sambal kacang dan emping goreng. Soal rasa, boleh diadu!

Rujak Gobet 

Lagi-lagi, resep rujak gobet sangat mirip dengan resep rujak buah. Isiannnya biasa berupa beragam buah segar. Perbedaannya jika rujak buah memakai irisan buah yang tebal, rujak gobet menggunakan irisan tipis buah yang tampak seperti mi. Irisan tipis tersebut nantinya disatukan dengan saus pedas asam yang menjadi ciri khas dari jenis rujak khas Jawa ini. 

Rujak Petis Madura 

Sesuai namanya, ciri khas dari rujak petis Madura ada pada bumbu rujaknya. Sambal rujak diganti menjadi sambal petis khas Madura. Namun, jangan lupa tambahkan air dan cabai agar lebih enak ketika dicocol. Bahan buah untuk rujak petis Madura sendiri umumnya hanya terdiri atas mangga muda dan mentimun. 

Rujak Cingur 

Kalau Anda ke Surabaya, jangan sampai melewatkan rujak cingur! Ini merupakan rujak yang bahan utamanya adalah moncong sapi yang direbus dan diiris. Moncong tersebut nantinya dimakan dengan campuran mentimun, bengkoang, kecambah, kangkung, tahu, tempe, dan lontong. Bumbunya sendiri memakai ulekan kacang, petis, cabai, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah pisang klutuk sehingga rasanya sulit untuk dilupakan. 

Rujak Kuah Pindah 

Sebenarnya, rujak kuah pindah adalah resep rujak buah pada umumnya, namun meniadakan sambal kacang yang terasa asam pedas manis. Sebagai gantinya, irisan beragam buah pada rujak ini disiram menggunakan ikan kuah pindang yang encer. Kuahnya sendiri dibuat menggunakan rebusan ikan, cabai, garam, dan terasi. 

Dari berbagai macam resep rujak buah ala Nusantara, mana saja yang pernah Anda coba? Atau mungkin, mana yang menjadi favorit Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *