Yuk Ketahui 4 Manfaat Baby Spa Buat Buah Hati

Kamu pasti pernah mendengar tentang Baby Spa. Spa bayi ini merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh para orangtua untuk memberikan semacam ‘me time’ bagi si kecil agar vitalitas tubuh mereka kembali. Juga agar si kecil bisa merasa lebih rileks. 

Tak hanya untuk orang dewasa saja, spa juga sangat bermanfaat untuk si kecil. Tapi sebelum itu, apakah kamu memang sudah tahu betul tentang apa itu spa bayi? Kalau belum, yuk simak uraian lengkapnya. 

Apa Itu Baby Spa?

Bisa dikatakan bahwa spa bayi merupakan tempat khusus untuk bayi yang disediakan sebagai suatu media relaksasi. 

Biasanya, perawatan yang dilakukan di spa bayi dibagi menjadi dua sesi. Sesi berendam dan juga sesi pijat bayi. 

Di sesi pertama, si kecil akan berendam di air hangat dengan menggunakan alat pelampung leher khusus untuk bayi. Biasanya, durasi disesuaikan dengan melihat bagaimana reaksi dari bayi. Kalau si bayi memang sudah terbiasa berendam di air hangat, biasanya durasinya mencapai 30 menit. 

Di sesi kedua, nantinya bayi akan langsung dipijat oleh tenaga ahli atau profesional selama kurang lebih 15 – 20 menit. Dua sesi spa bayi ini, biasanya khusus untuk bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah berusia 3 tahun. 

Akan tetapi, khusus pada sesi berendam ada aturan khusus yang ditetapkan. Misalnya saja, hanya bayi yang memiliki berat badan minimal 5kg saja yang bisa masuk ke sesi pertama yakni untuk berendam. 

Manfaat Baby Spa

Setelah mengetahui apa itu spa bayi, selanjutnya, kamu juga harus mengetahui tentang apa manfaat yang akan didapatkan oleh si kecil ketika melakukan treatment relaksasi yang satu ini. Manfaatnya yakni sebagai berikut:

  1. Ketika bayi berendam di air hangat, ia akan merasa lebih rileks dan juga lebih tenang. Selain itu, sesi pijat yang dilakukan akan membuat si kecil tidak terlalu gelisah ketika ia tidur saat malam hari. 
  2. Bisa digunakan sebagai sarana untuk melatih keberanian dari bayi yang akan sangat membantunya untuk beradaptasi di lingkungan baru. 
  3. Bisa membantu koordinasi tubuh dan syaraf motoriknya berkembang. Karena ketika ia berada di dalam air, bayi akan berusaha untuk menggerakkan kaki dan juga tangannya lebih bebas. Tak hanya kedua hal tersebut, bayi juga akan terbantu untuk membuat ototnya menjadi lebih kuat lagi. 
  4. Bermanfaat untuk perkembangan otak karena ketika spa, si bayi mendapatkan stimulasi sensorik. Saraf otak bayi bisa membentuk beragam koneksi baru lantaran salah satu sesi yakni pijat bayi. 

Itu adalah beberapa manfaat dari baby spa yang akan didapatkan oleh si kecil jika treatment dilakukan dengan benar. 

Tips Membawa Bayi ke Baby Spa

Selain pengertian dan juga manfaat yang akan didapatkan oleh bayi ketika berkunjung ke baby spa, para orangtua juga tak bisa sembarangan membawanya tanpa ada persiapan terlebih dahulu. Agar bayi bisa lebih siap dan mendapatkan manfaat yang lebih optimal, simak beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan bayi sudah kenyang sebelum kamu membawanya ke baby spa. 
  • Pastikan juga ia tidak terlalu mengantuk ketika akan melaksanakan berbagai rangkaian di baby spa. 
  • Selektif dalam memilih baby spa dengan cara memperhatikan kebersihan, metode membersihkan, prosedur, dan juga memastikan kalau terapis yang ada di sana sudah bersertifikasi dan memang sudah profesional. 
  • Jangan membawa bayi ke baby spa di akhir pekan lantaran antrian yang bisa terlalu ramai. Hal ini biasanya menyebabkan bayi bosan dan juga rewel. 
  • Bawa minyak telon atau baby lotion. 

Jangan lupa untuk memperhatikan tips tersebut agar si kecil bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari layanan baby spa yang akan dilakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *